Hadapi Era Globalisasi, Pendidikan Tinggi Perlu Kembangkan Kerjasama Riset

    Hadapi Era Globalisasi, Pendidikan Tinggi Perlu Kembangkan Kerjasama Riset

    SITUBONDO, - Dunia pendidikan pada umumnya, dan pendidikan tinggi pada khususnya memegang amanah penting dalam menentukan kualitas dari Sumber Daya Manusia (SDM) peserta didiknya. Salah satu amanah tersebut adalah menciptakan SDM yang menguasai Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK), Riset dan Inovasi (RIN), dan memiliki jiwa wirausaha. Oleh karena itu Universitas Ibrahimy perlu terus mengembangkan kerja sama ri bidang riset untuk dapat melahirkan SDM yang mampi menjawab tantangan industri di era globalisasi.

    “Saya mendorong Universitas Ibrahimy untuk terus mengembangkan riset serta meningkatkan kerjasama dan kolaborasi dengan Dunia Usaha dan Dunia Industri (DU/DI), lembaga riset serta perguruan tinggi lainnya, agar mampu menjawab tantangan kebutuhan industri di era globalisasi ini, ” tutur Wakil Presiden (Wapres) K.H. Ma’ruf Amin saat memberikan orasi ilmiahnya di Universitas Ibrahimy, Pondok Pesantren Salafiyah Syafi’iyah Sukorejo, Situbondo, Jawa Timur, Kamis (21/10/2021).

    Lebih lanjut Wapres menyampaikan, bahwa penguasaan teknologi dapat menjadikan generasi milenial menjadi kreatif dan inovatif. Untuk itu, selain memberikan fasilitas dalam materi pembelajaran mengenai teknologi, pihak universitas juga harus mampu menciptakan suasana belajar yang kondusif agar peserta didik dapat menerima pelajaran dengan baik yang nantinya akan bermanfaat di masyarakat.

    “Universitas juga harus menciptakan iklim yang kondusif bagi para mahasiswa generasi milenial agar kreatif dan inovatif serta akrab dengan teknologi informasi dan teknologi digital, ” ungkap Wapres.

    “Selain itu, suasana kampus pun harus kondusif bagi lahirnya pemikiran, konsep dan temuan serta cara-cara baru yang memberikan nilai tambah, manfaat serta maslahat lebih besar dari apa yang telah tersedia saat ini, ” tambahnya.

    Untuk itu, Wapres mengapresiasi niat baik dan ikhtiar dari keluarga besar Universitas Ibrahimy Pondok Pesantren Salafiyah Safi’iyah dalam peran aktifnya untuk mewujudkan cita-cita ini.

    “Saya mendukung sepenuhnya niat baik dan ikhtiar keluarga besar Pondok Pesantren Salafiyah Safi’iyah di Sukorejo Kabupaten Situbondo dalam peran aktifnya memajukan dunia pendidikan dan keagamaan melalui pencanangan pembangunan Kampus Universitas Ibrahimy untuk merespons sekaligus menjawab keinginan dan kebutuhan masyarakat, ” urai Wapres.

    Menutup orasi ilmiahnya, Wapres berpesan agar jajaran pengajar di Universitas Ibrahimy Pondok Pesantren Salafiyah Safi’iyah sebagai lembaga pendidikan tinggi berbasis Islam untuk terus mengajarkan nilai-nilai moderasi (wasathy) dan nilai kebangsaan kepada peserta didiknya agar dapat beradaptasi dengan baik di lingkungan masyarakat yang majemuk.

    “Apresiasi yang tinggi perlu saya berikan kepada jajaran pimpinan, para kiai, pengajar dan pengurus Pondok Pesantren Salafiyah Syafi’iyah atas dedikasi dan amal salehnya mengantar dan membimbing para santrinya menjadi SDM yang saleh, cerdas, terampil, dan mandiri dalam mewujudkan Islam Rahmatan Lil Alamaiin (rahmat bagi semesta) di Negara Kesatuan Republik Indonesia yang kita cintai ini, ” pungkas Wapres. (NN/BPMI-Setwapres/Jon)

    Achmad Sarjono

    Achmad Sarjono

    Artikel Sebelumnya

    Sambut Indonesia Emas 2045, Lembaga Pendidikan...

    Artikel Berikutnya

    Pesantren, Pilar Strategis Wujudkan Generasi...

    Berita terkait

    Peringkat

    Profle

    Syafruddin Adi verified

    Afrizal

    Afrizal verified

    Postingan Bulan ini: 170

    Postingan Tahun ini: 1097

    Registered: May 24, 2021

    Achmad Sarjono

    Achmad Sarjono verified

    Postingan Bulan ini: 169

    Postingan Tahun ini: 1675

    Registered: Jul 16, 2020

    Maskuri

    Maskuri

    Postingan Bulan ini: 121

    Postingan Tahun ini: 223

    Registered: Mar 9, 2022

    Narsono Son

    Narsono Son verified

    Postingan Bulan ini: 81

    Postingan Tahun ini: 220

    Registered: Jul 9, 2020

    Profle

    Muh. Ahkam Jayadi verified

    Empat Warung dan Ruko Terbakar, Kapolres Tinjau Lokasi Kebakaran dan Serahkan Bantuan
    Alumni SMP Ralla Halal Bi Halal, Angkatan 1998 Didaulat Jadi Panpel Reuni Akbar 2023
    Viral Video Diduga Oknum Kades di Pesawat, LAKI Barru Angkat Bicara
    Ketua DPD JNI Barru Hasyim Apresiasi Erwin Wijaya Salurkan Donasi Ke Imam Mesjid Bette

    Follow Us

    Recommended Posts

    UTBK di UB Diikuti Tujuh Peserta Difabel
    Perjanjian Kerjasama Perpustakaan UB dan Fakultas Vokasi UNAIR
    Mengulas Keutamaan Menjalin Silaturahmi
    Polda Jatim Olah TKP Gudang  Repacking  Pupuk Subsidi Menjadi Non Subsidi
    Event Sepeda Tahunan Bromo KOM Challenge 2022 Start dari Mapolda Jatim